Alex Morgan Berencana Menolak Undangan Trump

Berbagai Macam Berita Politik Dalam Dunia Sepak Bola

Alex Morgan Berencana Menolak Undangan Trump

Amerika Serikat memang memiliki tim nasional sepak bola putri yang sangat tangguh, jadi tidak mengherankan jika setiap Piala Dunia Wanita digelar, maka timnas AS akan menjadi salah satu tim unggulan yang difavoritkan untuk menjadi juara. Begitu pula dengan tahun ini, banyak yang menjagokan mereka untuk menjadi juara Piala Dunia Wanita 2019 yang baru saja digelar di Prancis, mulai 7 Juni hingga 7 Juli 2019 mendatang.

Berbicara mengenai peluang timnas sepakbola putri Amerika Serikat di Piala Dunia Wanita 2019 untuk menjadi juara memang terbilang cukup besar, mengingat punggawa timnas AS memiliki performa gemilang, termasuk salah satu pemainnya yang paling populer yaitu Alex Morgan. Namun, ada yang unik dari Alex Morgan ini sebab baru-baru ini ia menyatakan bahwa dirinya berencana untuk menolak undangan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump ke Gedung Putih, jika sekiranya timnas sepak bola putri AS berhasil mempertahankan gelar Piala Dunia Wanita 2019 itu.

Hingga saat ini, memang belum diketahui secara pasti, apakah Trump akan mengundang timnas sepakbola putri Amerika Serikat jika timnas tersebut berhasil kembali memboyong Piala Dunia ke negara berjuluk ‘Negeri Paman Sam’ itu, namun Alex Morgan sudah memutuskan bahwa dirinya akan tidak akan menginjakkan kaki ke Gedung Putih, sebab menurutnya seperti yang dikutip dari wawancaranya bersama Majalah Time, ia merasa bahwa saat ini cukup banyak hal yang diperjuangkan di Gedung Putih yang tidak sesuai dengan prinsip hidupnya sehingga ia tidak bisa mendukung berbagai kebijakan presiden AS itu. Morgan juga menyatakan bahwa ia tidak peduli dengan cara pandang yang menilai bahwa politik dan olahraga harus dipisahkan.

Alex Morgan sejak dulu memang dikenal sebagai atlet yang Anti-Trump bahkan sejak masa kampanye pada 2016 lalu pun ia sudah dikenal lebih berpihak dan mendukung Hillary Clinton yang notabene merupakan pesaing Trum dalam proses pemilihan Presiden Amerika Serikat. Bukan kali ini saja, Morgan menyuarakan pandangan politik dan keberatannya dengan berbagai kebijakan yang diambil oleh Trump. Pesepakbola berusia 29 tahun itu juga pernah menyuarakan pendapatnya yang menentang kebijakan Trump berkaitan dengan permasalahan imigran Meksiko dan juga tujuh negara dengan penduduk mayoritas Muslim.

Meskipun terkesan membangkang, namun sikap Alex Morgan ini banyak yang memakluminya termasuk dari sesama pesepakbola Amerika Serikat, salah satu contohnya adalah pesepakbola yang pernah bergabung bersama timnas putera AS, Mikkel Diskedud yang menilai bahwa setiap pesepakbola Amerika Serikat memiliki hak yang sama untuk dapat mengekspresikan pandangan politiknya. Namun, meskipun demikian, Diskedud juga menyarankan bahwa Morgan sebaiknya perlu berhati-hati dalam bertindak sebab menurutnya status Morgan saat ini bukan seorang individu biasa namun juga seorang figure public yang seharunya dapat menanggapi dengan positif kehormatan menerima undangan yang diberikan oleh Presiden Amerika Serikat.