3 Pesepak Bola Yang Alih Profesi Dari Lapangan Hijau Ke Panggung Politik

Berbagai Macam Berita Politik Dalam Dunia Sepak Bola

3 Pesepak Bola Yang Alih Profesi Dari Lapangan Hijau Ke Panggung Politik

Dunia politik tampaknya memang menggiurkan buktinya semakin banyak orang yang ingin mencoba menjadi politisi. Tidak terkecuali, para pesepakbola yang setelah memutuskan untuk gantung sepatu, ada beberapa diantara mereka yang memutuskan untuk mencoba beraksi di pangung politik. Ada yang berhasil menjadi politisi handal, namun tentunya tidak sedikit pula yang kandas karena aksinya tidak selihat ketika mereka menggocek si kulit bundar di lapangan hijau. Nah, berikut ini ada beberapa contoh para pesepakbola yang memutuskan untuk mencoba mencicipi panggung politik setelah mereka memutuskan pensiun.

  • Andriy Shevchenko

Siapa yang tidak mengenal sosok pesepakbola asal Ukraina ini, apalagi di masa-masa kejayaan pemain ini sekitar era awal 2000-an. Ya, Andriy Shevchenko nama pesepakbola yang dimaksud, mantan striker AC Milan dan Chelsea ini bahkan dulu pernah dikenal sebagai pencetak gol terbanyak ketiga setelah Filippo Inzaghi dan Raul di Liga Champions. Tercatat total gol yang dihasilkannya di kompetisi klub sepak bola Eropa itu sebanyak 67 gol.

Karier gemilangnya di lapangan hijau sayangnya tidak diikuti dengan kariernya di panggung politik. Setelah memutuskan pensiun pada tahun 2012 lalu, Shevchenko banting setir dan memutuskan untuk terjun ke dunia politik. Meskipun sebenarnya, selama ia berprofesi sebagai pesepakbola pun, Shevchenko memang sudah memiliki minat menjadi politisi terlihat dari cukup aktifnya ia mendukung Partai Sosial Demokrat Ukraina, dan setelah gantung sepatu, barulah mantan pemain Dynamo Kiev ini fokus untuk total menjalani profesi barunya sebagai politisi dengan bergabung bersama ‘Ukraine – Forward’. Hanya saja, saat pemilihan anggota parlemen, Shevchenko gagal menjadi salah satu wakil ‘Ukraine – Forward’ di parlemen sebab perolehan suaranya hanya sebesar 1,58% saja.

  • Kakha Kaladze

Berbeda dengan Andriy Shevchenko yang kurang beruntung tampil di panggung politik, salah satu mantan rekannya di AC Milan, Kakha Kaladze setelah memutuskan gantung sepatu pada tahun 2012 bahkan langsung berhasil menduduki jabatan Menteri Energi Georgia pada cabinet Bidzina Ivanishivili. Kini, mantan bek AC Milan itu dipercaya untuk memegang jabatan sebagai wali kota Tbilisi, Georgia.

  • Pele

Salah satu pesepakbola legendaris asal Brazil, Pele ternyata juga pernah terjun ke dunia politik setelah memutuskan pensiun dari dunia sepakbola. Pemain yang hingga kini masih tercatat sebagai pemegang rekor pencetak gol paling mudah di Final Piala Dunia, pada tahun 1995 yang lalu dipercaya oleh Presiden Brazil untuk menduduki posisi Menteri Luar Biasa Olahraga.  Saat itu, Presiden Brazil, Fernando Henrique Cardoso melihat Pele merupakan sosok yang tepat untuk membantu Brazil kembali dapat menghidupkan semangat berolahraga. Pele menjadi Menteri Luar Biasa Olahraga mulai tahun 1995 hingga 2001, sayangnya karier politiknya harus ternoda dengan catatan merah, sebab ia diduga terlibat dalam kasus korupsi.